Menjadi pengusaha sukses di usia muda memang belakangan ini menjadi salah satu cita-cita kaum millennials di Indonesia. Seiring perkembangan teknologi dan bisnis, banyak sekali bermunculan pengusaha muda yang sukses dan sudah mengantongi duit ratusan juta hanya dari usaha yang dijalankannya. Contohnya saja seperti Mark Zuckerberg (Facebook), David Karp(Tumblr), dan juga Jack Dorsey (Twitter). Orang-orang seperti merekalah yang akhirnya menjadi tren positif yang menginspirasi generasi muda untuk bisa meraih keberhasilannya masing-masing.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang kini sudah menginjak akhir usia 20-an atau bahkan 30-an? Apakah seseorang yang sudah berusia matang tidak memiliki waktu atau kesempatan serupa dengan contoh di atas? Tenang saja, berikut beberapa daftar pengusaha sukses yang baru meraih keberhasilannya di usia yang tidak muda lagi.

Henry Ford, Ford Motor Company – Sukses di Usia 40 Tahun

Siapa yang tidak kenal dengan merek mobil Ford? Produsen mobil asal Amerika Serikat ini merupakan perusahaan otomotif terbesar kelima di dunia pada tahun 2015 dan sempat pula menjadi pilihan merek mobil populer di Indonesia, meskipun akhirnya menarik produksinya di Indonesia. Perusahaan ini awalnya didirikan oleh Henry Ford pada tahun 1903di Detroit, Michigan.

Sebelum mendirikan perusahaan mobil, Henry Ford bekerja sebagai seorang masinis. Sebelum ia sukses, Ford harus mengalami berkali-kali kebangkrutan dalam mendirikan perusahaan mobil tersebut. Namun karena kegigihannya, ia tidak berputus asa dan tidak menyerah meskipun usianya sendiri sudah tidak muda lagi. Pada usia 40 tahunan, usaha Ford membuahkan hasil dan ia berhasil mendirikan Ford Motor Company yang menjadi perusahaan mobil sukses di Amerika.

Ray Kroc, McDonald – Sukses di Usia 52 Tahun

Perusahaan satu ini tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Rumah makan siap saji terbesar di dunia ini juga awalnya didirikan oleh Ray Kroc ketika usianya sudah menginjak 52 tahun. Awalnya resto cepat saji ini memiliki hidangan utama berupa hamburger, minuman ringan, kentang goreng, dan juga hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat resto itu berada. 

Resto ini pertama kali didirikan oleh 1940 oleh dua bersaudara Dick and Mac Mc Donald, namun akhirnya Ray Kroc membeli dan memperluas resto ini ke seluruh dunia. Sebelumnya, Ray Kroc yang berprofesi sebagai sopir ambulans untuk Palang Merah pada masa Perang Dunia II. Lalu Kroc juga sempat berprofesi sebagai salesman gelas kertas, mesin pembuat milkshake, dan akhirnya bertemu dengan McDonald bersaudara yang memiliki bisnis resto cepat saji tersebut.

Dari bertemunya Kroc dengan McDonald bersaudara, ia menawarkan diri untuk menjadi franchise McDonald dan memajukan bisnisnya tersebut. Menginjak usia ke-52, Ray Kroc menjadi pengusaha sukses McDonald yang berskala internasional.

Bob Sadino, Kem Food – Sukses di Usia 39 Tahun

Lahir di Lampung pada 9 Maret 1939, pengusaha yang akrab dengan penampilan sederhana dan sedikit nyeleneh ini merupakan salah satu sosok pengusaha yang sangat inspiratif. Bernama lengkap Bambang Mustari Sadino pun sempat mengalami jatuh bangun sebelum akhirnya ia sukses dari usaha penjualan telur yang dijajakan sendiri dari pintu ke pintu. Setelah 9 tahun bekerja sebagai pegawai, Bob Sadino akhirnya memutuskan untuk berhenti dan membanting stir untuk menjadi seorang pengusaha.

Usaha pertama yang ia lakoni adalah bisnis penyewaan mobil yang ia supiri sendiri. Namun, karena musibah kecelakaan, ia akhirnya berhenti menjalankan bisnis tersebut. Tidak mau menyerah, ia pun sempat berprofesi sebagai buruh atau kuli bangunan yang dibayar per hari. Ketika berprofesi sebagai kuli, ia pun mendapat ide untuk melakoni bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri.

Usaha ternak ayam pertamanya didirikan pada tahun 1970 dan diberi nama dengan Kem Chicks pada usianya yang ke-31. Tujuh tahun kemudian, usaha yang didirikan oleh Bob Sadino berkembang pesat dan akhirnya ia membuat perusahaan keduanya yang diberi nama PT Kemang Food Industries atau Kem Food. Usahanya terus berkembang dan memunculkan perusahaan lain seperti PT. Kem Farm Indonesia, PT. Kemang Nusantara Travel, The Mansion at Kemang.

Susi Pudjiastuti, Susi Air -  Sukses di Usia 31 Tahun

Wanita nyentrik yang kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan ke-6 Indonesia ini juga menyimpan begitu banyak kisah inspiratif mengenai kesuksesan bisnis. Susi Pudjiastuti yang lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 ini selain dikenal sebagai menteri, Ia juga merupakan pemilik dan presedir dari PT. ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Setelah mengenyam pendidikan hingga SMP, ia melanjutkan pendidikannya di SMAN 1 Yogyakarta, namun berhenti di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya dalam gerakan golput. Seputus sekolah, Susi menjual perhiasan dan mengumpulkan modal untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Bisnisnya pun berkembang dan pada tahun 1996, Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan yang bernama PT ASI Pudjuastuti Marine Product.

Bisnis ikannya berkembang dan meluas hingga pasar Asia dan Amerika. Melihat peluangnya semakin besar, Susi membutuhkan sarana transportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut hasil lautnya dalam keadaan segar. Pada 2004, akhirnya Ia membeli Cessna Caravan seharga RP 20 Miliar dan melalui PT. ASI Pudjiastuti Aviation yang ia dirikan berapa lama kemudian berkembang menjadi Susi Air.

Kesuksesan itu bukan terbatas dengan usia, hal yang bisa membantu seseorang untuk sukses adalah kemauan ingin belajar dan tidak menyerah. Bagaimana menurut Anda? Apakah kisah-kisah di atas menginspirasi?

Sebelumnya Berikutnya